Forum Memiliki Posting Baru
Forum Tidak Memiliki Posting Baru
Forum Terkunci
Redirect Forum


Thread Rating:
  • 0 Vote(s) - 0 Average
  • 1
  • 2
  • 3
  • 4
  • 5
Jenis-jenis Jerawat yang Orang Indonesia Mungkin Belum Mengetahuinya
#1
Wink 
Obat Jerawat Paling Ampuh – Kebanyakan orang beranggapan bahwa jerawat yang tampak berupa tonjolan-tonjolan kecil kemerahan hanya tampak pada wajah. Akan tetapi sesungguhnya jerawat bisa tumbuh diberbagai tempat seperti dada, punggung dan kulit kepala. 

Dan ternyata jerawat memiliki jenis yang banyak macamnya atau tidak itu-itu saja walaupun terlihat mirip. Seukuran apapun jerawat walaupun tidak menyakitkan tetapi sangat mengusik bagi segolongan orang, karena disamping mengurangi kecantikan bagi wanita juga dapat menyebabkan kita tidak percaya diri. 

Berikut ini akan membahas lebih lanjut seputar jerawat ini, tidak hanya untuk memperdalam pengetahuan juga untuk membuka wawasan tentang jerawat, sehingga kita bisa tahu tips mengobati jerawat dengan benar dan dengan metode yang sesuai serta efektif.


Jenis Jerawat Berdasarkan Bentuknya

1. Jerawat Radang

Jerawat radang muncul apabila kantung folikel yang ada pada dermis dipenuhi oleh lemak padat, hal tersebut akan menimbulkan dermis mengembung. Kemudian akan pecah dan akhirnya darah putih akan menguasai daerah folikel sabasea sehingga terjadilah peradangan pada kulit.

Jerawat radang biasanya sangat sakit dan mempunyai ukuran yang agak besar lebih besar dari komedo yang isinya terdapat cairan nanah. Jika kita berusaha memecahnya dengan tangan atau alat yang tidak bersih maka akan mengakibatkan peradangan yang lebih parah disebabkan bakteri dari luar yang menyebar dan menginfeksi.

2. Komedo

Mungkin kata komedo pasti tidak asing bagi Anda, dan komedo ini adalah tergolong salah satu jenis jerawat. Namun komedo sakitnya tidak seperti jerawat radang hal tersebut karena komedo adalah jerawat yang hanya menutup pori-pori pada kulit dan tidak sampai terinfeksi oleh bakteri.

Komedo itu memiliki 2 jenis yaitu:

Komedo Terbuka (White hide comedo) yang memiliki ciri-ciri khusus yaitu pori-porinya yang tertutup memiliki warna putih pudar.

Komedo Tertutup (Black head Comedo) yang mempunyai ciri-ciri khusus yaitu pori-porinya yang tertutup memiliki warna kehitam-hitaman.

3. Jerawat Konglobata

Jerawat tipe konglobata ini adalah gabungan dari jerawat-jerawat, terkadang berupa benjolan kecil. Mulanya jerawat seperti ini diawali munculnya 1 jerawat lalu berkembang dan terus bertambah sehingga bergerombol dan menjadi satu yang kemudian menjalar dan bernanah. 

Hal ini terjadi karena kita memecahkan jerawat menggunakan sesuatu yang tidak bersih seperti kuku atau alat-alat lainnya, sehingga bakteri dan kuman bisa menjalar dan membuat jerawat bertambah akut. Walaupun jerawat ini dapat disembuhkan tetapi tandanya sulit untuk dipulihkan.

Berikut ini adalah jenis-jenis jerawat yang dikenal di masyarakat, yaitu:

1. Jerawat Batu

Jerawat batu sebenarnya sama saja dengan jerawat radang, namun memiliki ukuran yang agak besar dan terasa menyakitkan karena terjadi peradangan yang hebat. Apabila terus dihiraukan tanpa segera diobati maka jika jerawat ini hilang akan meninggalkan bekas luka seperti cekungan di wajah yang tak bisa diobati.

2. Jerawat Pasir

Jerawat pasir merupakan gerombolan jerawat-jerawat kecil yang banyak sampai terkesan laksana pasir. Jerawat ini tidak berbahaya karena tidak terjadi peradangan namun menjadikan wajah jadi tidak sedap untuk dipandang.

Ada beberapa jenis jerawat lainnya yang mungkin jarang sekali terdengar di telinga kita, khususnya orang-orang Indonesia.

1. Jerawat Juvenil

Jerawat juvenil merupakan jerawat yang terjadi karena perubahan hormon diwaktu remaja yang mendapati puberitas atau antara umur 14 sampai 20 tahunan. Hormon ini tidak stabil disebabkan memproduksi sebum.

2. Jerawat Rosacea

Tidak seperti jerawat juvenil, jerawat yang satu ini keluar pada wanita umur 30 sampai 50 tahun. Jerawat tersebut muncul akibat peradangan lalu akan menimbulkan lipatan pada hidung yang seakan-akan terlihat bersisik. Apabila terkena jerawat ini maka untuk memberantasnya adalah dengan pergi ke dokter kulit.

3. Jerawat Nitrosica

Jerawat yang satu ini merupakan jerawat yang agak mengancam karena jika salah melakukan pengobatan bisa menimbulkan lubang di wajah dan dapat merusak wajah. Apabila Anda terkena jerawat ini maka solusinya adalah Anda harus konsultasi ke dokter khusus kulit. Perlu diketahui bahwa jenis jerawat ini merupakan tahapan terakhir dari jerawat.

4. Jerawat Vulgaris

Jerawat yang satu ini sebenarnya adalah jenis jerawat dari komedo. Komedo ini adalah salah satu tipe jerawat yang sangat gampang untuk diobati. Umumnya dapat disembuhkan dengan menjalani penguapan di daerah wajah yang terkena jerawat.

Sekarang sudah tahu bukan apa jerawat itu dan jenis-jenisnya? Jerawat sebenarnya bukan masalah yang menakutkan asal kita mengetahui penyelesaiannya. Awal umum munculnya jerawat adalah perubahan hormon serta minimnya kita dalam memperhatikan kebersihan. Maka dari itu, tidak boleh lupa untuk selalu mencuci wajah Anda secara teratur termasuk saat mau tidur.
Reply


Forum Jump:


Users browsing this thread: 1 Guest(s)